Friday, 5 October 2012

Penerbangan Jemaah Haji Langsung Mekkah Dimulai Sabtu

Sabtu, 06 Oktober 2012
MEKKAH (Suara Karya): Penerbangan haji gelombang kedua atau yang langsung menuju Mekkah dari Jakarta, dimulai Sabtu sampai selesai angkutan haji tahun ini tepat 'closing time' pukul 24.00 waktu Arab Saudi, tanggal 20 Oktober 2012, kata Kepala Daerah Kerja Mekkah, Misi Haji Indonesia, Arsyad Hidayat.

"Yang jelas jumlah kedatangan semain banyak dari 18 kloter pada gelombang satu dari Medinah menjadi 32 kloter pada gelombang kedua langsung dari Jakarta lewat bandara Jeddah," kata Arsyad kepada rombongan Media Center Haji (MCH), di Mekkah, Sabtu.
Sampai Jumat malam (5/10), 37.565 jemaah haji RI telah tiba di Mekkah dari Medinah yang termasuk dalam gelombang pertama. Jemaah haji gelombang pertama yang berlangsung dari ketibaan penerbangan awal pada 22 September 2012 memiliki rute dari Jakarta ke Jeddah dan langsung ke Medinah. Setelah delapan hari di Medinah, para jemaah lewat darat datang ke Mekkah menggunakan bus selama kira-kira tujuh jam perjalanan.
Menjelang ketibaan para jemaah yang jumlahnya dua sampai tiga kali lipat dari hari-hari sebelumnya, karena setiap hari masih juga terus menerima kedatangan dari Medinah dan ditambah dengan penerbangan langsung dari Jakarta, Arsyad meminta seluruh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekkah mempersiapkan diri menyambut kedatangan tamu Allah.
Pondokan harus disiapkan dengan menghidupkan pendingin udara (AC) di setiap kamar lima jam sebelum jemaah tiba. Armada angkutan salawat segera disiapkan sesuai kebutuhan karena para jemaah yang baru datang akan segera melaksanakan umrah menuju Masjidil Haram. Petugas bimbingan jemaah haji uzur juga harus siap melaksanakan tugas-tugasnya karena banyak jemaah yang mungkin sudah uzur, katanya.
"Petugas kesehatan perlu mempersiapkan agar merekam seluruh catatan ibadah jemaah yang sakit guna menjawab pertanyaan jika ada keluarga jemaah dari Tanah Air yang mempertanyakan kelengkapan prosesi ibadah haji keluarganya yang sakit di Tanah Suci," kata Arsyad. (Antara)
http://www.suarakarya-online.com

No comments:

Post a Comment